3 Apr 2013

7 Delegasi FKEI FIAI UII Mengikuti TEMILNAS FoSSEI XII di SOLO

Temilnas solo 2013
Surakarta -- Sebanyak 7 orang perwakilan mahasiswa/i dari KSEI FKEI FIAI UII mengikuti rangkaian agenda akbar tahunan FoSSEI yakni Temilnas FoSSEI ke XII (Temu Ilmiah Nasional Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam) di Kampus UMS dan UNS kota Solo pada tanggal 28 s/d 31 Maret 2013. Temilnas pada tahun ini mengangkat tema “Menggagas Keuangan Publik Islam di Era Kontemporer”. Acara ini dihadiri oleh ±500 peserta baik dari delegasi perlombaan maupun non perlombaan yang berasal dari 52 universitas diseluruh Indonesia.  Dalam temu ilmiah terbesar kelompok studi ekonomi Islam pada tahun 2013 ini, FKEI FIAI UII mengirimkan 2 tim olimpiade ekonomi Islam dan 1 delegasi perwakilan KSEI.

Bertempat di Auditorium Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, hari pertama Temilnas FoSSEI ke XII diisi dengan Seminar Internasional dengan mengangkat topik “Answering Welfare Through Islamic Public Finance” yang menghadirkan beberapa pembicara seperti Prof. Dr. Suroso Imam Dzajuli (Guru Besar FE UNAIR, Surabaya), Prof. Mohammed bin Yusoff (Guru Besar IIUM, Malaysia), Dr. Irfan Syauqi Beik (BAZNAS), Krisna Adityangga, SEI. Msi (Ahli Ekonomi Islam), dan Dewan Komisioner dari OJK RI (Otoritas Jasa Keuangan). Selepas seminar acara lalu dilanjutkan dengan seleksi penyisihan olimpiade ekonomi Islam di Gedung FE UNS Surakarta.
Suasna Seminar di Auditorium FE UNS
Pembicara dari Dewan Komisioner OJK
Hari kedua bertempat di Gedung Arafah Asrama Haji Donohudan Boyolali, berlangsung acara semifinal olimpiade ekonomi Islam dan presentasi finalis Business Plan beserta LKTEI. Alhamdulilah pada Temilnas FoSSEI ke XII dikota Solo ini, tim FKEI FIAI UII A berhasil masuk babak semifinal bersama 14 tim lainya setelah berhasil menyisihkan 86 tim dari kampus lain. Namun sayang langkah tim FKEI FIAI UII A terhenti hanya sampai pada babak semifinal, kami gagal melaju ke babak final, tetapi hal tersebut tak menyurutkan semangat kami untuk terus bersemangat mengikuti rangkaian acara Temilnas Solo. Semoga capaian yang berhasil diraih pada Temilnas tahun ini dapat menjadi titik awal motivasi kebangkitan bagi teman-teman FKEI FIAI UII dimasa mendatang untuk dapat berprestasi lebih di tingkat nasional.
Tim FKEI FIAI UII A yang Berhasil masuk babak Semi-final Olimpiade Ekonomi Islam
Hari ketiga bertempat di Auditorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berlangsung Talkshow Ekonomi Islam dengan topik “Menggagas Keuangan Publik Islam di Era Kontemporer “ dengan menghadirkan pembicara Prof. Dr. Bambang Sudibyo (Mantan Menteri Pendidikan Republik Indonesia dan Guru Besar FEB UGM Yogyakarta), Prof Bambang Setiaji (Rektor UMS). Lalu setelah itu dilanjutkan dengan acara Tabligh Akbar.
Suasana TalkShow di UMS

Pada hari yang sama diadakan acara closing seremonial dan diumumkan pemenang-pemenang dari setiap cabang perlombaan, adapun pemenang yang berhasil menjuarai Temilnas FoSSEI ke XII di Solo antara lain ;

LKTEI (Lomba Karya Tulis Ilmiah Ekonomi Islam)

Juara 1 = Raeni, KSEI UNNES Semarang.

Juara 2 = Ema Yunika, KSEI Shine, UI Depok.

Juara 3 = Aisha Putrina Sari, KSEI Progress, STEI TAZKIA Bogor 


Business Plan

Juara 1 = Sentul Fresh , KSEI Progress, STEI TAZKIA BOGOR.

Juara 2 = Coolpies, KSEI Shine, UI Depok.

Juara 3 = Supermen, KSEI CIES, UB Malang.


Olimpiade Ekonomi Islam

Juara 1 = Progress A, KSEI Progress, STEI TAZKIA Bogor

Juara 2 = Progress B, KSEI Progrss, STEI TAZKIA Bogor

Juara 3 = Hima Ekis, Universitas Airlangga


Dan pada hari terakhir yakni ahad, tanggal 31 maret 2013 panitia mengajak seluruh peserta Temilnas FoSSEI Field Trip ke Car Free Day kota Solo, Pasar Klewer dan Masjid Agung Surakarta. Dengan selesainya acara field trip, berakhir pula rangkaian acara Temilnas FoSSEI ke XII di Kota Solo. 


|Dept. Damedikom, 2012-2013|

Sumber foto : fossei nasional

0 komentar:

Posting Komentar