15 Jan 2014

FKEI FIAI UII MELAKSANAKAN STUDI EKSKLUSIF KE JAKARTA & BANDUNG 2013

FKEI FIAI UII MELAKSANAKAN STUDI EKSKLUSIF KE JAKARTA & BANDUNG 2013


            Sebanyak 63 mahasiswa program studi Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia yang tergabung dalam Forum Kajian Ekonomi Islam (FKEI) Fakultas Ilmu Agama Islam UII Yogyakarta telah melakukan perjalanan ke Jakarta-Bandung pada tanggal 28-31 Oktober 2013, rangkaian acara tersebut di beri nama “Studi Eksklusif 2013”.

            Penyelenggaraan Studi Eksklusif 2013 ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya pada tahun 2011 yang lalu FKEI juga melakukan Studi Eksklusif ke Jakarta. Studi Eksklusif merupakan salah satu agenda besar dari HMJ Ekonomi Islam FIAI UII, dimana dalam acara tersebut mahasiswa prodi Ekonomi Islam melakukan kunjungan ke beberapa instansi pemerintah seperti BI, BEI dan Kementerian Keuangan.

            Dengan Mengambil tema “Mempersiapkan Kompetensi Sumber Daya Insani yang Unggul dalam bidang Ekonomi Islam”, Nur Rohman (Ekonomi Islam/2010) selaku ketua panitia Studi Eksklusif 2013 menuturkan bahwa tujuan dari diadakannya acara ini selain ingin mendapatkan ilmu dan pengalaman dari tempat tempat yang dikunjungi serta melakukan kerjasama dengan instansi terkait, acara ini juga bertujuan agar mahasiswa dapat mempersiapkan kompetensi apa saja yang dibutuhkan oleh seorang sarjana Ekonomi Islam dalam menghadapi persaingan dunia kerja di Industri Keuangan dan Perbankan Syariah.

            Perjalanan Studi Eksklusif 2013 ini berlangsung selama 4 hari dengan didampingi oleh dua dosen pendamping yakni H. Nur Kholis, S.Ag., M.Sh.Ec. (Ketua prodi Ekonomi Islam) dan Fajar Hidayanto., MM. (Dosen prodi Ekonomi Islam). Pada hari pertama peserta mengunjungi Bank Indonesia, disana dipaparkan materi tentang Fit and Proper Test BI dan Sistem SKNBI (Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia) & Sistem RTGS. Lalu kunjungan dilanjutkan ke Otoritas Jasa Keuangan RI, disana dijelaskan mengenai fungsi dan tugas dari OJK itu sendiri, kemudian kunjungan dilanjutkan ke Direktorat Pembiayaan Syariah Dirjen Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan RI untuk belajar mengenai Instrumen Sukuk sebagai salah satu Instrumen Keuangan dalam membiayai APBN Negara. Sedangkan Pada hari kedua peserta berkunjung ke Bursa Efek Indonesia untuk mencari tahu perkembangan pasar modal syariah terkini yang kemudian dilanjutkan ke Museum Bank Mandiri melihat koleksi Sejarah Perbankan di Indonesia. Dan hari kedua di jakarta ini pun ditutup dengan menonton secara live program Opera Van Java (OVJ) di Studio Guet Trans 7 Jakarta. Dan Pada hari ketiga peserta diajak untuk berwisata ke Bandung dengan mengunjungi Kawah Putih Ciwidey dan Trans Studio Bandung (TSB).

            Perjalanan Studi Eksklusif 2013 ini berjalan sukses, semua peserta merasa puas dengan acara yang diselenggarakan oleh pengurus FKEI FIAI UII. (Dept. Medikom FKEI FIAI UII)

0 komentar:

Posting Komentar